Thursday 2 March 2017

Bisnis Online dengan Blog

Bisnis Online dengan Blog  - Blog sempat menjadi booming pada awal 2005-an, dimana-mana orang membuatnya. Apa itu blog? Yakni semacam aplikasi untuk menuliskan apa saja yang ada dibenak Anda dan kemudian mempublikasikannya ke internet. Halaman yang sedang Anda baca ini juga termasuk jenis blog, dan ini saya gunakan untuk sharing ilmu bisnis online kepada Anda. Gratis tanpa ada biaya


Contoh Peluang Usaha yang Menjanjikan Di dunia internet, penyedia blog ada banyak ragamnya, seperti blogspot, wordpress, multiply, dsb. Semua penyedia blog tersebut memiliki tingkat kemudahan dan kelengkapan fitur yang berbeda-beda. Pada tulisan saya kali ini, saya akan memandu Anda untuk membuat blog dari wordpress dan kemudian menjadikannya blog bisnis online Anda.


Sebelum saya mulai, pastikan Anda sudah memiliki koneksi internet ( ya iya laaahhh…   ) dan sudah memiliki konsep yang jelas tentang bisnis online Anda. Ok, kita mulai. Untuk membuat blog dari wordpress, terdapat dua pilihan, pertama membuat blog dengan domain dan hosting Anda pribadi. Untuk mengetahui tentang domain dan hosting silahkan baca di Bisnis Online dengan Domain Gratis dan Hosting Gratis untuk Bisnis Online. Dengan pilihan pertama ini Anda memiliki blog sesuai dengan nama domain Anda.


Untuk pilihan kedua, Anda membuat blog dengan menumpang nama di situs wordpress. Anda bisa mengakses blog Anda dengan nama blog : “NamaBlogAnda.wordpress.com”. Jadi dibelakang nama blog Anda masih ada embel-embel nama domain dari Wordpress.com. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi yang jelas, jika Anda memiliki blog yang Anda buat di domain dan hosting Anda sendiri, Anda memiliki fleksibilitas dalam mengatur dan mengubah script yang ada didalamnya. Sehingga untuk  customize lebih mudah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis online Anda.


Untuk pilihan kedua, Anda dapat download ebook bagaimana cara membuat blog dengan domain dan hosting Anda sendiri, melalu link Free Sign Up diatas. Untuk pilihan pertama, berikut ini adalah panduannya :


Langkah pertama, akses situs http://www.wordpress.com dan klik Sign Up. Daftarkan nama blog Anda dengan mengisi form sepeti terlihat seperti dibawah ini:

Word Press Sign Up
         Langkah kedua, isi data lengkap Anda pada form isian seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Word Press Form
             Langkah ketiga, isikan nama domain blog yang akan Anda gunakan, lengkap dengan judul blognya. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Blog's Name Form
        Langkah ke-empat, regitrasi komplit, silahkan Anda cek email Anda sesuai yang tertera pada form isian dilangkah kedua. Email dari wordpress meminta Anda untuk mengkonfirmasi pendaftara blog tersebut. Setelah Anda mengkonfirmasinya maka akan muncul tampilan wordpress seperti pada gambar dibawah ini:

Account is Now Active!


Nah, setelah account blog Anda aktif segera lakukan uji coba mengakses alamat blog Anda dengan format alamat web : http://namabloganda.wordpress.com. Sebagai contoh Anda dapat mengakses alamat http://cecepsubiantoro.wordpress.com yang telah berhasil saya buat. Tampilan pada alamat blog saya tersebut merupakan tampilan default wordpress. Anda dapat mengubah tampilan dan isi blog dengan mengakses halaman login blog Anda. Biasanya dapat diakses dialamat http://namabloganda.wordpress.com/wp-admin.  Tampilan halaman login tampak seperti pada gambar dibawah ini:

Login Page of Your Blog
      Langkah kelima,Bisnis Menjanjikan  setelah Anda berhasil login di halaman admin/dashboard blog Anda, tentukan pengaturan untuk nama blog Anda. Selain itu Anda juga bisa mengubah tampilan blog Anda di menu Appearence – Themes atau menambahkan tulisan di blog Anda di menu Posts – Add New.


Untuk sementara, tulisan membuat blog untuk bisnis online saya cukupkan disini. Tulisan ini akan saya lanjutkan pada tulisan bagian kedua. Ikuti terus seri tulisan saya mengenai bisnis online yang dapat Anda dapatkan dengan gratis. Selamat mencoba, salam sukses selalu.

No comments:

Post a Comment